Jangan Sering Mengkonsumsi Kopi. Ini Dampak Buruknya!

Apakah kamu pernah meminum kopi, atau kamu merupakan seorang pecinta kopi. Kopi adalah minuman khas orang Indonesia, kamu dapat menemukan kopi dimana saja. Yakni di warung, kedai, rumah makan, hingga restoran-restoran ternama. Kopi saat ini sudah memiliki banyak jenis, dan sudah banyak beredar kopi instan dalam kemasan (sachet).

Jangan Sering Mengkonsumsi Kopi. Ini Dampak Buruknya!

Banyak masyarakat yang menganggap bahwa mengkonsumsi kopi dapat menambah stamina dan membuat kamu semakin konsentrasi dalam bekerja. Namun apakah kamu tahu bahwa disamping kenikmatan kopi, terdapat beberapa dampak buruk dari mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Walaupun dampaknya tidak terlihat dalam waktu singkat, tetapi secara perlahan akan terasa.

1. Imsomnia
Insomnia adalah gejala dimana kamu mengalami susah tidur, dan kamu akan sangat mudah terbangun walau sudah berusaha untuk tertidur. Ini disebabkan oleh pengaruh kafein yang sangat tinggi pada kopi. Semakin sering kamu mengkonsumsi kopi perlahan-lahan gaya hidup kamu akan berubah, ini disebabkan oleh dampak dari Insomnia.

2. Sakit Kepala
Selain menyebabkan Insomnia, mengkonsumsi kopi juga dapat menyebabkan sakita kepala berkepanjangan. Hal ini dikarenakan jumlah kafein yang kamu konsumsi melebih batas wajar. 

3. Gangguan Pencernaan
Orang yang sering mengkonsumsi kopi juga dapat mengalami sakit perut, mules, dan mual. Dikarenakan konsumsi kopi yang berlebihan dapat meningkatkan asam lambung, juga mengakibatkan diare, sembelit dan maag.

4. Gigi berwarna kuning
Mengkonsumsi kopi secara berlebih juga dapat menyebabkan warna gigimu berubah menjadi berwarna kuning. Ini disebabkan karena lapisan terluar gigi memiliki pori-pori dan sangat mudah menyerap cairan yang kamu minum.

5. Gangguan penglihatan
Tidak hanya membuat kamu susah tidur dan mengalami gangguan pencernaan, kafein juga bisa merusak penglihatanmu. Bukan hanya merusak mata, tapi juga dapat membuat kamu kehilangan indera penglihatan. Gangguan ini lebih sering disebut dengan istilah "Exfoliation Gloucoma".

6. Kecanduan
Dampak kali ini mungkin hampir sama seperti halnya dengan narkoba, yakni dapat menyebabkan kamu mengalami kecanduan. Sebab kafein dalam kopi dapat meningkatkan stamina dalam sementara waktu, setelah pengaruh kafein melemah kamu akan mencoba meminumnya lagi agar kembali segar. Proses tersebut terjadi terus menerus dan membuat kamu menjadi seorang pecandu kopi.

Banyak bukan dampak buruk dari kopi yang selama ini kamu anggap sebagai minuman biasa, beberapa hal diatas juga dapat disimpulkan bahwa mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat berdampak buruk, karena kandungan kafein di dalam kopi sangat besar. Sebenarnya mengkonsumsi kopi tidak bermasalah, hanya saja takar dan jumlah yang di konsumsi teratur dan tidak over dosis. Demikianlah akhir dari artikel "Jangan Sering Mengkonsumsi Kopi. Ini Dampak Buruknya!".

0 Komentar untuk "Jangan Sering Mengkonsumsi Kopi. Ini Dampak Buruknya!"

Back To Top